Struktur Organisasi

Dalam struktur organisasi Fakultas terdapat bagian-bagian yang mengkoordinir dan melaksanakan tanggungjawab tertentu mulai dari aktifitas akademik, administrasi dan penjaminan mutu. Berdasarkan  SK Rektor Nomor 208/II.3.AU/D/2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, rincian tugas dan fungsi sebagai berikut :

Senat Fakultas

  • 1. Merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan Fakultas.
  • 2. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika termasuk kriteria akademik untuk mnetapkan kelulusan dari suatu Program Studi dan pemutusan studi.
  • 3. Merumuskan norma dan tolak ukur penyelenggaraan Fakultas.
  • 4. Menilai pertanggungjawab Dekan atas pelaksanaan yang telah ditetapkan.
  • 5. Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kekebasan mimbar akademik dan otonomi keilmuan pada Fakultas.
  • 6. Memilih dan memberikan pertimbangan kepada Dekan terhadap calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi.
  • 7. Menegakkan norma-norma yang berlaku bagi sivitas akademika.

 

Dekan

  • 1. Menentukan kebijakan dan memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  • 2. Membina tenaga pendidik, mahasiswa dan tenaga administrasi.

 

Wakil Dekan

  • 1. Wakil Dekan I, membantu tugas Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pembinaan dan pengembangan tenaga akademik.
  • 2. Wakil Dekan III, membantu tugas Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dan alumni.

 

Gugus Penjaminan Mutu

Merupakan unsur pelaksana akademis yang bertugas melakukan koordinasi, monitoring dan evaluasi internal yang terkait dengan penjaminan mutu akademik dan non akademik di Fakultas.

 

Ketua Program Studi

  • a. Menyusun jadwal perkuliahan bersama Wakil Dekan I.
  • b. Mengawasi, memeriksa dan mencatat kehadiran dosen dalam proses pelaksanaan perkuliahan dan mengusulkan pergantian dosen yang kinerjanya buruk kepada Dekan melalui WDI
  • c. Melayani mahasiswa dalam pengajuan judul skripsi dan menyiapkan semua kegiatan yang terikat dengan pelaksanaan seminar proposal, ujian skripsi dan kebutuhan akademik lainnya.
  • d. Menandatangani KRS dan KHS mahasiswa dan mengatur jadwal pertemuan mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Akademik.
  • e. Menyiapkan semua yang terkait dengan penyelenggaraan UTS, UAS, dan megumpulkan semua nilai dari dosen sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  • f. Menetapkan pembimbing dan penguji skripsi/ tugas akhir bersama dengan Wakil Dekan I.
  • g. Memonitor semua kewajiban mahasiswa dalam administrasi keuangan yang berhubungan dengan penyelenggaraan akademik (herregistrasi), UTS/UAS, praktikum, PKL, PPL, wisuda dll
  • h. Menyusun dan membuat laporan kegiatan akademik setiap semester dalam bentuk laporan EPSBED.
  • i. Membuat laporan/tengah semester dan semester secara rutin kepada Dekan melalui Wakil Dekan I.
  • j. Menyusun proses kegiatan akademik dan menyiapkan pengisian Borang Akreditasi Program Studi bersama dengan Wakil Dekan I.
  • k. Mengkoordinasi semua kegiatan akademik yang dilaksanakan di lingkungan Program Studi dengan Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III.
  • l. Memaraf semua surat-surat yang terkait dengan bidang tugas sebelum ditandatangani  Dekan.
  • m. Melakukan revisi kurikulum Program Studi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pengguna lulusan dengan Wakil Dekan I.

 

 

 

Top
  • Follows us our servcies